ISNAINI, NURJANNAH LAILATUL (2022) PENGETAHUAN DAN PERILAKU MAKAN REMAJA PUTRI YANG MENDAPAT EDUKASI GIZI PENCEGAHAN ANEMIA MELALUI WASTAGRAM : LITERATURE REVIEW. [Undergraduate Thesis]
PDF
SR-GZ-220048_abstract.pdf Download (1MB) |
Abstract
Masalah gizi yang juga dihadapi banyak remaja adalah Anemia. Meningkatkan pengetahuan anemia melalui pendidikan gizi merupakan salah satu upaya untuk mencegah terjadinya anemia pada remaja. Secara umum edukasi gizi bertujuan mendorong terjadinya perubah perilaku yang positif yang berhubungan dengan makanan dan gizi. Penelitian ini menggunakan metode Literature Review melalui database Google Scholar, Crossref, Sciencedirect, PubMed. Jumlah populasi keseluruhan 208 remaja putri dan didapatkan literatur sebanyak 5 jurnal yang dapat di review sesuai dengan judul dan keyword peneliti. Dalam 5 studi, terdapat 4 studi yang hanya membahas tentang pengetahuan remaja putri yang diberikan edukasi gizi pencegahan anemia dan 1 studi yang membahas tentang pengetahuan dan perilaku makan remaja putri yang mendapat edukasi gizi pencegahan anemia. Pengetahuan remaja putri terkait pencegahan anemia meningkat. Namun perilaku makan remaja putri tidak terdapat perubahan setelah diberikan edukasi gizi dikarenakan lamanya waktu edukasi yang hanya tiga minggu. Intervensi edukasi gizi diperlukan pada remaja putri untuk menumbuhkan kesadaran dan menyebarluaskan pengetahuan terkait pencegahan anemia.
Item Type: | Undergraduate Thesis | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pengetahuan, Perilaku Makan, Remaja Putri, Edukasi Gizi, Whatsapp, Instagram | ||||||||
Subjects: | R Medicine > RJ Pediatrics > RJ206-235 Nutrition and feeding of children and adolescents | ||||||||
Divisions: | Faculty of Health > Program Study of Nutrient | ||||||||
Depositing User: | Mr. . Adit | ||||||||
Date Deposited: | 18 Jan 2024 01:59 | ||||||||
Last Modified: | 18 Jan 2024 01:59 | ||||||||
URI: | http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/10374 |
Actions (login required)
View Item |