ANALISIS PERBEDAAN VITAMIN E, KALSIUM DAN ZINC PADA SEMPRONG BERBASIS TEPUNG BIJI BUNGA MATAHARI (Helianthus Annuus L.) DAN TEPUNG QUINOA (Chenopodium Quinoa)

SABRINA, SHINTA MILENIA (2022) ANALISIS PERBEDAAN VITAMIN E, KALSIUM DAN ZINC PADA SEMPRONG BERBASIS TEPUNG BIJI BUNGA MATAHARI (Helianthus Annuus L.) DAN TEPUNG QUINOA (Chenopodium Quinoa). [Undergraduate Thesis]

[img] PDF
SR-GZ-220109_abstract.pdf

Download (801kB)
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-32721.html

Abstract

Kasus obesitas saat ini semakin meningkat setiap tahunnya khususnya dikalangan remaja. Salah satu penyebab obesitas adalah asupan zat gizi makro dan mikro. Camilan dengan kandungan vitamin E, kalsium, dan seng bagi orang obesitas diperlukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan zat gizi mikro vitamin E, kalsium, dan zinc pada semprong berbasis tepung biji bunga matahari dan tepung quinoa. Jenis penelitian ini adalah eksperimental. Sampel dibuat dengan tiga formulasi yaitu Formula A 100 Tepung Biji Bunga Matahari, Formula B 75 Tepung Biji Bunga Matahari 25 Tepung Quinoa, Formula C 100 Tepung Quinoa. Hasil dari penelitian ini kandungan terbesar vitamin E terdapat pada formula A (20,54 mg), kandungan kalsium terbesar terdapat pada formula B (94,04 mg), sedangkan kandungan zinc terbesar terdapat pada formula A (2,37 mg). Pada vitamin E menggunakan uji Kruskall Wallis dan dilanjutkan menggunakan uji Mann Whitney, kalsium dan zinc menggunakan uji parametrik One Way Anova dan dilanjutkan menggunakan uji Tukey dengan  0,05 dengan hasil perhitungan terdapat perbedaan yang signifikan pada kandungan vitamin E dan kalsium dan tidak terdapat perbedaan pada kandungan zinc.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKardina, Rizki NurmalyaNIDN0710018607rizki_kardina@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Obesitas, Semprong, Biji Bunga Matahari, Quinoa, Zat Gizi Mikro
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC620-627 Nutritional diseases. Deficiency diseases
Divisions: Faculty of Health > Program Study of Nutrient
Depositing User: Mr. . Adit
Date Deposited: 18 Jan 2024 06:03
Last Modified: 18 Jan 2024 06:03
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/10393

Actions (login required)

View Item View Item