PENGARUH KULTUR CAMPURAN SACCHAROMYCES CEREVISIAE DAN LACTOBACILLUS PLANTARUM DALAM FERMENTASI ALKOHOL TERHADAP SIFAT FISIKOKIMIA CUKA KULIT PISANG KEPOK (MUSA PARADISIACA)

RAHMANIAH, AISYATUR (2019) PENGARUH KULTUR CAMPURAN SACCHAROMYCES CEREVISIAE DAN LACTOBACILLUS PLANTARUM DALAM FERMENTASI ALKOHOL TERHADAP SIFAT FISIKOKIMIA CUKA KULIT PISANG KEPOK (MUSA PARADISIACA). [Undergraduate Thesis]

[img] PDF
SR-GZ-190018_abstract.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-23774.html

Abstract

Kulit pisang merupakan bagian dari pisang yang selama ini masih belum dimanfaatkan secara meluas keberadaanya dan akan terus menumpuk bila tidak dikembangkan. Dibalik anggapan tersebut, ternyata kulit pisang justu memiliki kandungan unsur gizi yang cukup lengkap. Tujuan Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kultur campuran Saccharomyces cerevisiae dan Lactobacillus plantarum dalam fermentasi alkohol terhadap sifat fisikokimia cuka kulit pisang kepok (Musa paradisiaca). Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian Rancangan Acak Kelompok (RAK) satu faktor yaitu perbedaan konsentrasi inokulum Lactobacillus plantarum (1%, 2% dan 4%). Masing-masing perlakuan dilakukan 3 kali ulangan sampel. Analisis yang dilakukan meliputi kadar alkohol, asam asetat, antioksidan, asam fenolik dan pH. Pengambilan data dilakukan melalui uji laboratorium. Analisis menggunakan uji statistik Kruskall-Wallis α= 0,05, dilanjut dengan uji Post-Hoc Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh kultur campuran Saccharomyces cerevisiae dan Lactobacillus plantarum dalam fermentasi asetat terhadap sifat fisikokimia cuka kulit pisang kepok (Musa paradisiaca) terlihat ada perbedaan bermakna hanya pada kadar alkohol. Sedangkan pada kadar asam asetat, antioksidan, fenolik dan pH menunjukkan perbedaan yang tidak bermakna. Pada hasil analisis sifat fisikokimia cuka kulit pisang kepok kuning menunjukkan tidak ada perbedaan bermakna meskipun rerata kadar asam asetat, antioksidan, fenolik dan pH menunjukkan adanya peningkatan disetiap perlakuan. Semakin tinggi konsentrasi Lactobacillus plantarum maka kadar sifat fisikokimia semakin rendah. Hasil dari berbagai konsentrasi yang berbeda ditemukkan konsentrasi terbaik ada pada konsentrasi 2%.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHidaayah, NurNIDN0707077801nurhid@unusa.ac.id
Thesis advisorPratiwi, Viera NurizaNIDN0723088903vieranpratiwi@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Cuka kulit pisang kepok, kadar alkohol, sifat fisikokimia.
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Faculty of Health > Program Study of Nutrient
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 18 Jan 2024 06:52
Last Modified: 18 Jan 2024 06:52
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/10413

Actions (login required)

View Item View Item