FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PREFERENSI KONSUMEN RESTORAN BERSERTIFIKASI HALAL (STUDI KASUS DI RESTORAN MC. DONALDS SIDOARJO)

SYARIFAH, YUSRIYAH ALFIE (2022) FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PREFERENSI KONSUMEN RESTORAN BERSERTIFIKASI HALAL (STUDI KASUS DI RESTORAN MC. DONALDS SIDOARJO). [Undergraduate Thesis]

[img] PDF
SR-GZ-220080_abstract.pdf

Download (624kB)
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-32552.html

Abstract

Saat ini konsumen banyak memilih restoran hanya karena lagi tren di masyarakat tanpa melihat restoran tersebut sudah bersertifikasi halal atau tidak. Dalam hal tersebut menjadikan munculnya preferensi dengan faktor yang berbeda. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor yang berhubungan dengan preferensi konsumen restoran bersertifikasi halal. Jenis penelitian yang digunakan adalah Observasional dengan rancangan cross sectional. Jumlah sampel pada penelitian sebanyak 138 responden. Cara pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu Non probability sampling dengan Accidentally sampling yang telah memenuhi kriteria inklusi. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner pengetahuan halal dan kuesioner preferensi konsumen dengan uji statistik menggunakan Uji Korelasi Chi Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 138 responden, (63%) berjenis kelamin perempuan, (50,7%) berpendidikan di perguruan tinggi, (46,4%) memiliki pengetahuan produk halal yang cukup, (47,8%) memilih fasilitas dan (55,1%) menu restoran yang kurang baik, serta (34,8%) memilih suka pada restoran bersertifikasi halal. Faktor yang berhubungan dengan preferensi konsumen restoran bersertifikasi halal yaitu faktor kelengkapan fasilitas restoran dengan hasil p value = 0,028 dan faktor menu restoran dengan hasil p value = 0,022. Tidak terdapat hubungan pada faktor jenis kelamin, Pendidikan terakhir, pengetahuan produk halal dengan preferensi konsumen. Diperlukan penelitian lebih lanjut dengan variabel lain seperti pendapatan, kemudahan dalam mengakses informasi, harga makanan restoran, dan pelayanan restoran yang dapat mengetahui faktor yang berhubungan dengan preferensi konsumen restoran bersertifikasi halal.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPutri, Endah Budi PermanaNIDN0719019202endah.budi92@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Faktor Preferensi, Konsumen Restoran, Sertifikasi Halal
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC620-627 Nutritional diseases. Deficiency diseases
Divisions: Faculty of Health > Program Study of Nutrient
Depositing User: Mr. . Adit
Date Deposited: 19 Jan 2024 04:04
Last Modified: 19 Jan 2024 04:04
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/10522

Actions (login required)

View Item View Item