FAMIRANA, AJENG DIAN (2022) PENGARUH EDUKASI DENGAN MEDIA EXPLODING BOX DAN RODA PUTAR TERHADAP PENGETAHUAN SARAPAN PADA SISWA DI SDN SEPANJANG 2 SIDOARJO. [Undergraduate Thesis]
PDF
SR-GZ-220088_abstract.pdf Download (1MB) |
Abstract
Di Indonesia, sarapan masih menjadi masalah bagi anak-anak Indonesia. Sarapan merupakan suatu hal yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak, tetapi sering diabaikan, hal ini dapat beresiko pada kesehatan anak dan prestasi belajar anak. Faktor yang diduga mempengaruhi kebiasaan sarapan adalah pengetahuan. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh edukasi dengan media exploding box dan roda putar terhadap pengetahuan sarapan. Penelitian ini menggunakan jenis kuantitatif dengan metode quasi eksperimental design dan rancangan penelitian one group pre test and post test design. sasaran pada penelitian ini nenggunakan populasi kelas 5 yang ada di SDN 2 Sidoarjo, dengan besar sampel sebanyak 52 siswa yang diambil secara total sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner pengetahuan sarapan. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon dengan tingkat signifikan α =0,00. Pengaruh intervensi melalui media exploding box dan roda putar dengan hasil yang signifikan p-value 0,000 terhadap pengetahuan sarapan pada siswa SDN Sepanjang 2 Sidoarjo. Terdapat pengaruh yang signifikan antara edukasi menggunakan media exploding box dan media roda putar dengan tingkat pengetahuan siswa mengenai sarapan.
Item Type: | Undergraduate Thesis | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Media, exploding box, roda putar, sarapan, anak usia sekolah, pengetahuan, edukasi | ||||||||
Subjects: | R Medicine > RC Internal medicine > RC620-627 Nutritional diseases. Deficiency diseases | ||||||||
Divisions: | Faculty of Health > Program Study of Nutrient | ||||||||
Depositing User: | Mr. . Adit | ||||||||
Date Deposited: | 19 Jan 2024 06:57 | ||||||||
Last Modified: | 19 Jan 2024 06:57 | ||||||||
URI: | http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/10536 |
Actions (login required)
View Item |