Implementasi Budaya 5-S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun) dan Metode Guru dalam Membiasakannya Pada Siswa Sekolah Dasar

Afifah, Nurul and Djazilan, Muhammad Sukron and Ghufron, Syamsul and Akhwani, Akhwani (2023) Implementasi Budaya 5-S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun) dan Metode Guru dalam Membiasakannya Pada Siswa Sekolah Dasar. JISHUM: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 1 (4). pp. 1049-1062. ISSN 2962-0120

[img] PDF
Implementasi Budaya 5-S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun) dan Metode Guru dalam Membiasakannya Pada Siswa Sekolah Dasar.pdf

Download (696kB)
[img] PDF
peer review muhammad sukron djazilan.pdf

Download (966kB)
[img] PDF
turnitin muhammad sukron djazilan.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://journal.ikmedia.id/index.php/jishum/articl...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran mengenai implementasi budaya 5-S dan metode guru dalam membiasakannya. Sasaran pada penelitian ini adalah siswa SDN Asemrowo II/63 Surabaya. Penelitian ini menggunakan jenis penilitian kualitatif untuk mendeskripsikan keadaan budaya sekolah lebih spesifik dan mendalam. Sumber datanya adalah kepala sekolah, guru kelas rendah, guru kelas tinggi dan guru agama. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi budaya 5-S dan metode guru dalam membiasakannya direalisasikan dalam 4 bentuk kegiatan yaitu kegiatan rutin, kegiataan spontan, pengkondisian, keteladanan. Metode yang diterapkan guru adalah metode keteladanan, metode pembiasaan, metode nasehat, dan metode pengawasan

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: budaya 5 s, senyum salam sapa sopan santun, motode guru
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 06 Feb 2024 10:47
Last Modified: 06 Feb 2024 10:47
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/10604

Actions (login required)

View Item View Item