Afifah, Nurul and Djazilan, Muhammad Sukron and Ghufron, Syamsul and Akhwani, Akhwani (2023) Implementasi Budaya 5-S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun) dan Metode Guru dalam Membiasakannya Pada Siswa Sekolah Dasar. JISHUM: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 1 (4). pp. 1049-1062. ISSN 2962-0120
PDF
Implementasi Budaya 5-S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun) dan Metode Guru dalam Membiasakannya Pada Siswa Sekolah Dasar.pdf Download (696kB) |
|
PDF
peer review muhammad sukron djazilan.pdf Download (966kB) |
|
PDF
turnitin muhammad sukron djazilan.pdf Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran mengenai implementasi budaya 5-S dan metode guru dalam membiasakannya. Sasaran pada penelitian ini adalah siswa SDN Asemrowo II/63 Surabaya. Penelitian ini menggunakan jenis penilitian kualitatif untuk mendeskripsikan keadaan budaya sekolah lebih spesifik dan mendalam. Sumber datanya adalah kepala sekolah, guru kelas rendah, guru kelas tinggi dan guru agama. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi budaya 5-S dan metode guru dalam membiasakannya direalisasikan dalam 4 bentuk kegiatan yaitu kegiatan rutin, kegiataan spontan, pengkondisian, keteladanan. Metode yang diterapkan guru adalah metode keteladanan, metode pembiasaan, metode nasehat, dan metode pengawasan
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | budaya 5 s, senyum salam sapa sopan santun, motode guru |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education |
Depositing User: | Mr. . Bagas |
Date Deposited: | 06 Feb 2024 10:47 |
Last Modified: | 06 Feb 2024 10:47 |
URI: | http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/10604 |
Actions (login required)
View Item |