Rohmah, Zulfah Mufidatur and Hartatik, Sri and Djazilan, Muhammad Sukron and Ghufron, Syamsul (2022) Meta Analisis Model Pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4 (2). pp. 2986-3001. ISSN 2656-8063
PDF
Meta Analisis Model Pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar.pdf Download (631kB) |
|
PDF
peer review muhammad sukron djazilan.pdf Download (925kB) |
|
PDF
turnitin muhammad sukron djazilan.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran VCT terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan desain meta analysis yakni menggabungkan dua atau lebih penelitian sebelumnya dengan menganalisis menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah 12 artikel atau jurnal ilmiah sebelumnya dengan beberapa diantaranya membagi dua kelompok yaitu kelompok pretest dan kelompok post-test. Kelompok pretest dapat diartikan sebagai kelompok sebelum diberi perlakuan dan kelompok post-test adalah kelompok setelah diberikan perlakuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran VCT berpengaruh terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Garis besarnya, model pembelajaran VCT ini memiliki dampak positif yang signifikan untuk hasil belajar siswa di sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata sebelum diberi perlakuan model pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) sebesar 53,1675 dan sesudahnya sebesar 69,08583 dan mengalami peningkatan sebesar 15,91833 dengan nilai sig.(0,00) <0,05 dalam arti model pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | VCT, Hasil Belajar, Sekolah Dasar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education |
Depositing User: | Mr. . Bagas |
Date Deposited: | 07 Feb 2024 02:39 |
Last Modified: | 07 Feb 2024 02:39 |
URI: | http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/10616 |
Actions (login required)
View Item |