Pengaruh Edukasi Melalui Webinar Terhadap Tingkat Pengetahuan Tentang Napza dan Gizi Bagi Remaja

Nugroho, Riezky Faisal and Wardani, Erika Martining (2022) Pengaruh Edukasi Melalui Webinar Terhadap Tingkat Pengetahuan Tentang Napza dan Gizi Bagi Remaja. JINTAN: Jurnal Ilmu Keperawatan, 2 (1). pp. 1-7. ISSN 2774-468X

[img] PDF
Pengaruh Edukasi Melalui Webinar Terhadap Tingkat Pengetahuan Tentang Napza dan Gizi Bagi Remaja.pdf

Download (192kB)
[img] PDF
turnitin erika martining wardani.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://ojs.unhaj.ac.id/index.php/jintan/article/v...

Abstract

Remaja merupakan masa yang kritis saat untuk berjuang melepaskan ketergantungan kepada orang tua dan usaha mencapai kemandirian sehingga dapat diterima dan diakui sebagai orang dewasa. Masalah gizi remaja juga perlu mendapatkan perhatian. Edukasi yang tepat untuk masa pandemi sallah satunya dengan webinar. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh edukasi melalui webinar terhadap tingkat pengetahuan tentang Napza dan gizi bagi remaja. Penelitian ini adalah penelitian quasy eksperimental, populasi dalam penelitian ini sebanyak 113 responden dengan jumlah sampel 88 responden. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Instrumen penelitian dengan kuesioner melalui google form. Data dianalisis dengan wilcoxon test. Hasil penelitian menunjukan bahwa setelah mendapatkan edukasi dengan webinar terdapat peningkatan pengetahuan tentang Napza (p value = 0,001) dan gizi (p value = 0,000). Edukasi melalui webinar sangat efektif dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan tentang Napza dan gizi bagi remaja. Perlu diberikan edukasi secara berkala guna meningkatkan pengetahuan terutama Napza dan gizi sehingga remaja dapat hidup sehat.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: edukasi, webinar, pengetahuan, Napza, gizi
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology > RM216 Nutrition and diet therapy
Divisions: Faculty of Nursing and Midwifery > Program Study of Nursing Bachelor
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 02 Mar 2024 11:49
Last Modified: 02 Mar 2024 11:49
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/10682

Actions (login required)

View Item View Item