PENINGKATAN KEMANDIRIAN ANAK MELALUI METODE PEMBELAJARAN PRACTICAL LIFE DI TPA GRIYA ANAK PATRIA BENOWO SURABAYA

ISTINA, SRI WIDI (2024) PENINGKATAN KEMANDIRIAN ANAK MELALUI METODE PEMBELAJARAN PRACTICAL LIFE DI TPA GRIYA ANAK PATRIA BENOWO SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img] PDF
SR-TK-240012_abstrak.pdf

Download (158kB)
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-37601.html

Abstract

Kemandirian anak di TPA Griya Anak Patria Benowo Surabaya tergolong masih rendah. Hal ini disebabkan karena metode pembelajaran yang digunakan masih kurang tepat. Oleh karena itu perlu adanya tindakan kelas berupa pembelajaran practical Life untuk meningkatkan kemandirian anak. Tujuan peneliti ini adalah untuk mengetahui apakah metode Practical Life ini mampu meningkatkan kemandirian anak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus dan 2 pertemuan dalam setiap siklusnya, subjek penelitian ini adalah anak usia 3 4 tahun di TPA Griya Anak Patria Benowo Surabaya yang berjumlah 12 anak. Teknik pengumpulan data mengunakan lembar Observasi dan dokumentasi. sedangkan teknik analisis data menggunakan presentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai kemandirian anak pada prasiklus adalah sebesar 33,33% dengan kriteria Mulai Berkembang (MB), Siklus I Sebesar 50,52% dengan kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH), dan siklus II sebesar 75,25% dengan kriteria Berkembang Sesuai Harapab (BSH). Kesimpulan penelitian ini adalah metode pembelajaran Practical Life dapat menigkatkan Kemandirian anak usia 3-4 tahun di TPA Griya Anak Patria Benowo Surabaya. Disarankan kepada guru PAUD/TPA dapat menggukan Metode pembelajaran Practical Life dengan media pembelajran yang lebih menarik dan menyenangkan.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSYAIKHON, MUHAMMADNIDN1304854muhammadsay87@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Kemandirian anak usia dini, practical life
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 08 Jul 2025 02:37
Last Modified: 08 Jul 2025 02:37
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/10960

Actions (login required)

View Item View Item