LESTARI, NOVIANTI KAMLA (2024) ANALISIS KERJASAMA SISWA PENGGUNA GAME MOBILE LEGENDS DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANIOLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SEKOLAH DASAR. [Undergraduate Thesis]
![]() |
PDF
SR-SD-240009_ABSTRAK.pdf Download (61kB) |
Abstract
Latar Belakang peserta didik yang memainkan game Mobile Legends dapat menerapkan kerja sama yang baik dalam pembelajaran pendidikan, jasmani, olahraga dan kesehatan. Tujuan Penelitian ini untuk menganalisis bagaimana kerjasama siswa kelas VI B yang bermain game Mobile Legends dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di SDN Jemur Wonosari I Surabaya. Metode Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif deskriptif. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini, menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan meliputi triangulasi sumber data dan teknik. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan bahwa kerjasama siswa yang gemar bermain game Mobile Legend dalam proses pembelajaran olahraga tim, ada 11 siswa yang menunjukkan sikap kerjasama yang baik. Mereka, seperti DE, RA, HA, DA, AR, RA, AK, RI, CLA, LO, dan RU, memperlihatkan pemahaman yang baik tentang tugas bersama dalam tim. Mereka antusias, terlibat aktif, dan semangat memberikan kontribusi positif melalui umpan yang efektif. Tindakan mereka mencerminkan kesadaran akan pentingnya berkolaborasi dalam mencapai tujuan bersama tim. Namun, terdapat 4 siswa yang kurang antusias dalam bekerja sama, yaitu AS, ER, KI, dan CLE. Penelitian ini memberikan gambaran yang jelas tentang tingkat kerjasama siswa yang gemar bermain game Mobile Legends dalam proses pembelajaran olahraga tim materi permainan bola basket dan sepak bola. Maka, secara keseluruhan kategori kerjasama dianggap baik.
Item Type: | Undergraduate Thesis | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Mobile Legends, Kerjasama, Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan | ||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||||
Divisions: | Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education | ||||||||
Depositing User: | Mr. . Bagas | ||||||||
Date Deposited: | 08 Jul 2025 02:59 | ||||||||
Last Modified: | 08 Jul 2025 02:59 | ||||||||
URI: | http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/10966 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |