PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI BERMAIN KARTU ANGKA BERGAMBAR ANAK DI KELOMPOK A TK SUCCES KECAMATAN RUNGKUT SURABAYA

PUSPITA, DELLA (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI BERMAIN KARTU ANGKA BERGAMBAR ANAK DI KELOMPOK A TK SUCCES KECAMATAN RUNGKUT SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img] PDF
SR-TK-240022_ABSTRAK.pdf

Download (86kB)
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-38335.html

Abstract

Tahap mengenal lambang bilangan dimulai dari mengenalkan konsep bilangan terlebih dahulu baru dilanjutkan dengan mengenalkan lambang bilangan. Pada 15 anak Kelompok A TK SUCCES Kecamatan Rungkut Surabaya ditemukan 5 anak perempuan dan 8 anak laki-laki belum bisa mengenal lambang bilangan dengan baik. Hal tersebut terjadi karena pembelajaran yang dilakukan belum sesuai dengan teori belajar yang dikemukakan Piaget (konkret, semi konkret, semi abstrak, dan abstrak). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan kelompok A di TK SUCCES Kecamatan Rungkut Surabaya tahun 2021 melalui bermain kartu angka bergambar. Penelitian ini termasuk dalam penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus yaitu prasiklus, Siklus 1 dan Siklus 2 masing-masing dengan 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi sedangkan teknik analisa data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I pertemuan 1 dikategorikan Belum berkembang dengan rata-rata 41,67%. Pada siklus I pertemuan 2 dikategorikan Mulai Berkembang dengan rata-rata 57,78. Pada siklus II pertemuan 1 dikategorikan Berkembang Sangat Baik dengan rata-rata 83,89%. Pada siklus II pertemuan 2 dikategorikan Berkembang Sangat Baik dengan rata rata 97,22%. Dapat disimpulkan bahwa pada pra siklus serta siklus I, kemampuan mengenal lambang bilangan belum berkembang. Siklus II kemampuan mengenal lambang bilangan Berkembang Sangat Baik. Terjadi peningkatan sebesar 13.33%, 16.11%, 26.11% dan 13.33% dari tahap prasiklus hingga ke Siklus II.2.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSALEH, NANANG ROKHMANNIDN0312747nanang_kh.aslie@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Kognitif, Membilang angka, Kartu Angka Bergambar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 08 Jul 2025 03:54
Last Modified: 08 Jul 2025 03:54
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/10982

Actions (login required)

View Item View Item