PENGARUH PERMAINAN CONGKLAK TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK RADEN PATAH

SARI, LINDA KARTIKA (2024) PENGARUH PERMAINAN CONGKLAK TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK RADEN PATAH. [Undergraduate Thesis]

[img] PDF
SR-TK-240026_ABSTRAK.pdf

Download (12kB)
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-38489.html

Abstract

Kemampuan kognitif khususnya kemampuan berhitung merupakan salah satu kemampuan yang harus dikembangkan dan dikuasai setiap orang sejak berada pada usia dini. Namun dalam realitanya, kemampuan kognitif belum berkembang pada anak usia 4-5 tahun di TK Raden Patah, sehingga perlu diteliti lebih lanjut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh permainan congklak terhadap kemampuan kognitif anak usia 4-5 tahun di TK Raden Patah. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Tes yang dimaksud adalah tes yang digunakan untuk mendapatkan informasi hasil belajar anak dengan cara memberikan pretest dan posttest pada anak usia 4-5 tahun di TK Raden Patah. Hasil penelitian merupakan dari hasil perhitungan uji wilcoxon dan hasil dari nilai rata-rata pretest 4,12 dan setelah posttest menjadi 10,44. Terlihat pada nilai mean atau nilai rata-rata yang diperoleh pada posttest lebih tinggi dibandingkan nilai pretest. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa permainan congklak berpengaruh terhadap kemampuan kognitif anak usia 4-5 tahun di TK Raden Patah. Diharapkan kepada guru untuk memberikan metode pembelajaran dan media pemlajaran yang lebih kreatif dan inovatif, sehingga anak tidak mudah me rasa bosan pada pembelajaran di kelas.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRIHLAH, JAUHAROTURNIDN19011231rihlahjauhara@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Permainan Congklak, Kemampuan Kognitif, Kemampuan Berhitung
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 08 Jul 2025 05:06
Last Modified: 08 Jul 2025 05:06
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/10990

Actions (login required)

View Item View Item