KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN P2OC2R UNTUK MENUNTASKAN PENGUASAAN KONSEP IPA DI SD

MAGFIROH, LAILATUL (2024) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN P2OC2R UNTUK MENUNTASKAN PENGUASAAN KONSEP IPA DI SD. [Undergraduate Thesis]

[img] PDF
SR-SD-240020_ABSTRAK.pdf

Download (42kB)
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-38318.html

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran P2OC2R dalam penguasaan konsep IPA di sekolah dasar, mengukur penguasaan konsep IPA, dan mengidentifikasi hambatan dalam penerapan model tersebut. Latar belakang penelitian ini yakni sulitnya siswa dalam menguasai konsep-konsep IPA. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan Model Pembelajaran P2OC2R sebagai alternatif solusi. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran P2OC2R dengan 1 kelas selama 4 pertemuan. Subjek penelitian terdiri dari 32 siswa kelas V. Data penelitian ini diperoleh dari keterlaksanaan pembelajaran P2OC2R dengan hasil 100% terlaksana, penguasaan konsep IPA yang dianalisis melalui 2 cara dengan hasil mengalami peningkatan dengan rincian sebanyak 4% siswa kategori tinggi, 56% siswa kategori sedang, dan 40% siswa kategori rendah. Serta adanya hambatan berupa minimnya alat peraga yang digunakan dalam proses pembelajaran, kurangnya alat bahan yang digunakan dalam proses pembelajaran serta terbatasnya waktu dan pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran P2OC2R berhasil menuntaskan penguasaan konsep IPA dengan presentase 100%, sehingga pada penelitian berikutnya diharapkan melakukan model pembelajaran P2OC2R dengan siklus yang berulang. Penelitian ini memberikan implikasi positif dengan mengintegrasikan model pembelajaran P2OC2R sebagai model yang efektif dalam menuntaskan penguasaan konsep IPA.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDIBRAHIM, MUSLIMINNIDN20101311musliminibrahim@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran P2OC2R, penguasaan konsep ipa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 08 Jul 2025 07:03
Last Modified: 08 Jul 2025 07:03
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/11005

Actions (login required)

View Item View Item