PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI UNSUR DAN SIFAT BANGUN DATAR SEDERHANA KELAS III SD

ADAWIYAH, ROBIATUL (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI UNSUR DAN SIFAT BANGUN DATAR SEDERHANA KELAS III SD. [Undergraduate Thesis]

[img] PDF
SR-SD-240021_ABSTRAK.pdf

Download (155kB)
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-38328.html

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalah kurangnya minat belajar siswa, karena guru belum menggunakan media pembelajaran yang menarik sehingga kurangnya minat belajar pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran ular tangga terhadap minat belajar siswa pada materi unsur dan sifat bangun datar sederhana kelas III SD. Jenis penelitian kuantitatif dengan metode pre-Experimental Design dengan design tipe one group pretest-posttest. Adapun sampel dalam penelitian ini yaitu 19 siswa kelas III B yang dipilih dengan teknik Purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa angket minat belajar dengan skala likert yang diberikan sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran ular tangga. Analisis data menggunakan uji-t paired sampel t-test dibantu dengan SPSS for windows. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil pengolahan data dengan menggunakan uji-t menunjukkan nilai sig. 0,000 < 0,05 maka dinyatakan H0 ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan media pembelajaran ular tangga terhadap minat belajar siswa.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAMIN, SITI MAGHFIROTUNNIDN20071299amin@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Minat belajar, Media pembelajaran ular tangga, dan bangun datar sederhana
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 08 Jul 2025 07:12
Last Modified: 14 Jul 2025 02:47
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/11008

Actions (login required)

View Item View Item