LAILY, IZZATUL (2024) IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER KREATIF DI SEKOLAH PENGGERAK SEKOLAH DASAR SURABAYA. [Undergraduate Thesis]
![]() |
PDF
SR-SD-240022_ABSTRAK.pdf Download (45kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebelum pandemi,Kemendikbud mengeluarkan kebijakan yang memungkinkan Kurikulum 2013 digunakan. Untuk mencapai hal ini, program penguatan profil pelajar Pancasila (P5) dimulai sebagai bagian dari kurikulum merdeka. Tujuannya adalah untuk meningkatkan karakter siswa dan mendorong mereka untuk memperoleh keterampilan yang tercantum dalam profil siswa Pancasila, yang didasarkan pada standar kompetensi lulusan. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan implementasi P5 dalam menumbuhkan karakter kreatif peserta didik SD Muhammadiyah 26 Surabaya, mengetahui prakik baik P5 dalam menumbuhkan karakter kreatif peserta didik SD Muhammadiyah 26 Surabaya, dan mengevaluasi hambatan serta solusi impelemntasi P5 di SD Muhammadiyah 26 Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data yang digunakan triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Hasil dari penelitian menujukkan (1) implementasi P5 menggunakan tema kewirausahaan dan kearifan lokal, alokasi waktu yang digunakan terdpat 5JP, modul yang diintegrasikan dengan mapel matematika dan IPAS, serta asesmen yang digunakan menggunakan rubrik penilaian (2) praktik baik dari tema P5 yang diterapkan adalah peserta didik dapat mengeksplorasi ide-ide kreatif, membangun jiwa berwirausaha dan mendaptkan dukungan dari lingkungan keluarga sekolah (3) Hambatan dalam implementasi P5 adalah perbedaan karakteritsik atau keegoisan karakter peserta didik kelas serta solusi implementasi P5 adalah sebelum menerapkan P5 guru harus memahami karakteristik peserta didik. Simpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa SD Muhammadiyah 26 Surabaya menerapkan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada 2022/2023, fokus pada dimensi kreatif dan tema kewirausahaan. Untuk menumbuhkan kreativitas siswa kelas IV, mereka menghadirkan ahli Eco Print yang memberikan ide-ide kreatif. Hasil karya siswa dipamerkan di sebuah mall di Surabaya. Hambatan utama adalah sifat egois siswa, diatasi dengan memberikan afirmasi positif.
Item Type: | Undergraduate Thesis | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Karakter kreatif | ||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||||
Divisions: | Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education | ||||||||
Depositing User: | Mr. . Bagas | ||||||||
Date Deposited: | 08 Jul 2025 07:18 | ||||||||
Last Modified: | 08 Jul 2025 07:23 | ||||||||
URI: | http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/11010 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |