ANALISIS PERBANDINGAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DENGAN MENGGUNAKAN CHAT GPT DAN GOOGLE TERHADAP HASIL BELAJAR DI UPT SD NEGERI 158 GRESIK

PRATAMA, MARCHEL SEPTI (2024) ANALISIS PERBANDINGAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DENGAN MENGGUNAKAN CHAT GPT DAN GOOGLE TERHADAP HASIL BELAJAR DI UPT SD NEGERI 158 GRESIK. [Undergraduate Thesis]

[img] PDF
SR-SD-240040_ABSTRAK.pdf

Download (10kB)
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-38464.html

Abstract

Teknologi memberikan dampak yang sangat besar dalam kehidupan manusia sehari-hari, termasuk di dalam dunia pendidikan. Penelitian ini memiliki tujuan membandingkan penggunaan Chat GPT dan Google terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila di UPT SD Negeri 158 Gresik. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni menggunakan desain Pretest dan Posttest dengan melibatkan 64 siswa yang terbagi ke dalam dua kelompok. Data diperoleh melalui lembar kerja penilaian siswa berupa soal pilihan ganda dan uraian. Selain itu, untuk menentukan hipotesis penelitian dilakukan uji statistik dengan menggunakan uji non-parametrik Mann Whitney U untuk membandingkan hasil belajar siswa antara kelompok Chat GPT dan Google. Hasil dari pengujian menunjukkan bahwa: 1) Nilai hasil belajar siswa yang menggunakan Chat GPT mengalami peningkatan, dapat dilihat dari rata-rata nilai Pretest sebesar 77,87 dan nilai Posttest sebesar 92,74 dan dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0.00 < 0.05, yang menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara Pretest dan Posttest kelompok Chat GPT. 2) Nilai hasil belajar siswa yang menggunakan Google mengalami peningkatan juga, hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai Pretest sebesar 77,76 dan nilai Posttest sebesar 92,30, dan dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar sebesar 0.00 < 0.05. Hasil ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara nilai Pretest dan Posttest kelompok Google. 3) Perbandingan kedua kelompok nilai rata-rata Posttest Chat GPT sebesar 92,74 dan Google sebesar 92,30, dalam hal ini dapat dikatakan tidak ada perbedaan pada hasil belajar kedua kelompok tersebut dan dikuatkan dengan hasil perhitungan SPSS yang menunjukkan nilai sebesar 0.708 > 0.05. Hasil ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok yang diamati.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAKHWANI, AKHWANINIDN18011175akhwani@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Perbandingan, Chat GPT, Google, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 09 Jul 2025 03:02
Last Modified: 09 Jul 2025 03:02
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/11037

Actions (login required)

View Item View Item