PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POWTOON TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA TOPIK PENGUKURAN WAKTU SISWA KELAS V SDI AL MU’AWANAH SURABAYA

PRASETYO, WAHYU ARI (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POWTOON TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA TOPIK PENGUKURAN WAKTU SISWA KELAS V SDI AL MU’AWANAH SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img] PDF
SR-SD-240008_ABSTRAK.pdf

Download (181kB)
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-38172.html

Abstract

Siswa Sekolah Dasar cenderung mengalami kebosanan ketika belajar matematika, disebabkan guru belum menggunakan media pembelajaran yang menarik sehingga hasil belajar siswa mengalami penurunan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetauhi pengaruh penggunaan media Powtoon terhadap hasil belajar matematika topik pengukuran waktu siswa kelas V Sekolah Dasar. Jenis penelitian kuantitatif menggunakan metode Pre-Eksperimen Design dengan Desain One Group Pre-Test Post-Test.Teknik pengumpulan data berupa tes tulis dengan sampel jenuh pada kelas V yang berjumlah 15 siswa. Analisis Data menggunakan Statistik Inferensial Non-Parametrik dengan Uji Wilcoxon Signed Rank Test dan Statistik Deskriptif. Penelitian ini menggunakan Uji normalitas data dengan Uji Shapiro Wilk. Sebelum diberikan perlakuan, nilai rata-rata Pre-test siswa adalah 58,66% dan Setelah diberikan perlakuan dengan media Powtoon, terjadi peningkatan yang signifikan dengan nilai rata-rata Post-test meningkat menjadi 76,00%. Hasil penelitian uji Wilcoxon Signed Rank Test menunjukkan bahwa nilai Asymp.Sig. (2-tailed) adalah 0.002. Dikarenakan nilai ini lebih kecil dari < 0.05, maka Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Powtoon memiliki pengaruh terhadap hasil belajar matematika topik pengukuran waktu siswa kelas V.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Powtoon, Hasil Belajar dan Pengukuran Waktu
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 09 Jul 2025 03:14
Last Modified: 09 Jul 2025 03:14
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/11041

Actions (login required)

View Item View Item