PENGARUH METODE TUTOR SEBAYA BERBANTU POWER POINT INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS 5 SDN MARGOREJO V SURABAYA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA

SARI, ELISA MARDITA (2024) PENGARUH METODE TUTOR SEBAYA BERBANTU POWER POINT INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS 5 SDN MARGOREJO V SURABAYA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA. [Undergraduate Thesis]

[img] PDF
SR-SD-240069_abstrak.pdf

Download (278kB)
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-39009.html

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas metode tutor sebaya berbantuan PowerPoint interaktif dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Pancasila siswa kelas 5 Sekolah Dasar. Observasi awal menunjukkan pembelajaran Pancasila yang monoton menyebabkan minat belajar siswa rendah. Dengan menggunakan desain penelitian Quasi Experimental Nonequivalent Control Grup dengan kelompok kontrol dan eksperimen, penelitian ini melibatkan 44 siswa. Kelas V-A 23 siswa dan Kelas V-B 21 Siswa. Hasil analisis data menggunakan uji-t menunjukkan adanya pengaruh signifikan metode tutor sebaya berbantuan PowerPoint interaktif terhadap hasil belajar siswa. Hal ini mengindikasikan bahwa metode tersebut dapat menjadi alternatif yang efektif untuk meningkatkan pemahaman dan minat belajar siswa terhadap materi Pendidikan Pancasila.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDNAFIAH, NAFIAHNIDN0723128403nefi_23@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Tutor sebaya, Powerpoint Interaktif, Hasil belajar
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 09 Jul 2025 03:19
Last Modified: 09 Jul 2025 03:19
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/11043

Actions (login required)

View Item View Item