MIJAYA, ZAHRA NAFSA ANIL (2024) WORD CARD DAN CIRC: ALTERNATIF SOLUSI MENGEKSPLORASI KETERAMPILAN MEMBACA SISWA SEKOLAH DASAR. [Undergraduate Thesis]
![]() |
PDF
SR-SD-240071_abstrak.pdf Download (52kB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji dampak penggunaan Word Card dan Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas 1B di UPT SDN 158 Gresik. Pendekatan deskriptif kualitatif dengan studi kasus digunakan untuk mendalami efektivitas kedua metode. Data dikumpulkan melalui observasi langsung, wawancara dengan guru dan siswa, serta analisis dokumen pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Word Card efektif dalam memperkaya kosakata siswa, sementara CIRC meningkatkan pemahaman bacaan dan kemampuan menulis siswa melalui kerja sama dan diskusi kelompok. Penggunaan kedua metode ini secara bersamaan memberikan dampak yang lebih komprehensif dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa. Penelitian ini merekomendasikan penerapan kombinasi metode Word Card dan CIRC dalam strategi pembelajaran membaca di sekolah dasar untuk hasil yang optimal.
Item Type: | Undergraduate Thesis | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Word Card, CIRC, Eksplorasi keterampilan membaca | ||||||||
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works L Education > L Education (General) |
||||||||
Divisions: | Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education | ||||||||
Depositing User: | Mr. . Bagas | ||||||||
Date Deposited: | 09 Jul 2025 03:43 | ||||||||
Last Modified: | 09 Jul 2025 03:43 | ||||||||
URI: | http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/11047 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |