STUDI IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PESERTA DIDIK KELAS 1 SD MIFTAHUL ULUM

ROSIDAH, ALIFIAH NUR (2024) STUDI IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PESERTA DIDIK KELAS 1 SD MIFTAHUL ULUM. [Undergraduate Thesis]

[img] PDF
SR-SD-240038_ABSTRAK.pdf

Download (315kB)
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-38454.html

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh Implementasi program Gerakan Literasi Sekolah pada sekolah SD. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Implementasi GLS, Hambatan dari Implementasi GLS pada kelas 1B di SD Miftahul Ulum Surabaya, dan ketempilan membaca dalam keefektifan GLS. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Pendekatan Kualitatif Deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Teknik analisi data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Menurut hasil penelitian dan pembahasan SD Miftahul Ulum berada pada tahap pembiasaan dalam program Gerakan Literasi Sekolah, bentuk penerapannya pada kelas 1B yaitu literasi Senin dan Rabu bersama guru literasi, dan sudut baca yang diwajibkan ada di setiap kelas. Hambatan yang dialami selama penerapan GLS yaitu ada beberapa peserta didik yang belum mengenal huruf, kurangnya tenaga pendidik, dan kurangnya dukungan orang tua. Dari peningkatan peserta didik dalam keterampilan membacanya Gerakan Literasi Sekolah dinyatakan efektif.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Gerakan Literasi Sekolah, membaca, peserta didik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 09 Jul 2025 03:42
Last Modified: 09 Jul 2025 03:42
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/11048

Actions (login required)

View Item View Item