PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN PUNGGUL 2 GEDANGAN SIDOARJO

SARDJONO, ONE CITRA ARINGTIN (2024) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN PUNGGUL 2 GEDANGAN SIDOARJO. [Undergraduate Thesis]

[img] PDF
SR-SD-250001_abstrak.pdf

Download (14kB)
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-40230.html

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi akademik siswa kelas V SDN Punggul 2 Gedangan Sidoarjo. Metode kuantitatif dengan menggunakan regresi linier dasar digunakan untuk menganalisis hubungan antara variabel bebas, motivasi belajar, dan variabel terikat, hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai R square sebesar 0,100 (10%) menunjukkan bahwa motivasi belajar berkontribusi sebesar 10% terhadap prestasi akademik siswa, sedangkan 90% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Uji signifikansi menunjukkan bahwa nilai t (2,136) melebihi nilai t tabel (2,03011) pada tingkat signifikansi 0,025, dengan nilai p sebesar 0,003, yang menunjukkan pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi akademik siswa secara positif dan substansial. Penelitian ini menunjukkan bahwa lembaga pendidikan dan pendidik harus memprioritaskan peningkatan motivasi belajar siswa melalui praktik pedagogi yang interaktif dan suportif, sambil juga mempertimbangkan aspek-aspek tambahan yang dapat memengaruhi hasil belajar siswa.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, hasil belajar, siswa SD
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 09 Jul 2025 06:19
Last Modified: 09 Jul 2025 06:19
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/11063

Actions (login required)

View Item View Item