PERAN GURU DALAM PENDAMPINGAN PESERTA DIDIK UNTUK MEWUJUDKAN SEKOLAH BEBAS BULLYING DI SD

WAHIDIYANI, OCTAVIA CAHYA (2024) PERAN GURU DALAM PENDAMPINGAN PESERTA DIDIK UNTUK MEWUJUDKAN SEKOLAH BEBAS BULLYING DI SD. [Undergraduate Thesis]

[img] PDF
SR-SD-240050_ABSTRAK.pdf

Download (198kB)
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-38820.html

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena bullying yang telah lama terjadi di lingkungan sekolah dan guru sebagai profesional dalam bidang pendidikan memiliki tanggung jawab untuk menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan bebas dari kekerasan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplor peran guru dalam pendampingan peserta didik untuk mencegah bullying di SD dan menjelaskan strategi guru dalam mencegah bullying di SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling untuk menentukan sampel penelitian. Sampel penelitian ini adalah guru kelas di salah satu Sekolah Dasar di Surabaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Adapun uji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas, uji transferability, uji dependability, dan uji konfirmability. Hasil penelitian menunjukkan (1) peran guru dalam pendampingan peserta didik untuk mencegah tindakan bullying di SD adalah sebagai pengawas dan pendeteksi tanda-tanda awal bullying, sebagai pembimbing dan pengarah, sebagai mediator atau mempertemukan, serta sebagai penasihat, (2) strategi guru dalam mencegah bullying di sekolah adalah adanya program Sekolah Ramah Anak (SRA), menerapkan program keagamaan, pendidikan karakter, kolaborasi dengan berbagai pihak, dan edukasi siswa dengan poster anti bullying.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDMUSTOFA, MUSTOFANIDN16021044mustofa@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Pendampingan, Pencegahan, Bullying
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 09 Jul 2025 06:18
Last Modified: 09 Jul 2025 06:18
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/11064

Actions (login required)

View Item View Item