FAKTOR-FAKTOR KECENDERUNGAN BERPERILAKU BULLYING PADA SISWA MA AL-AMIN AL-HAROMAIN TAHUN AJARAN 2023/2024

PRIADI, AGUS (2024) FAKTOR-FAKTOR KECENDERUNGAN BERPERILAKU BULLYING PADA SISWA MA AL-AMIN AL-HAROMAIN TAHUN AJARAN 2023/2024. [Undergraduate Thesis]

[img] PDF
SR-KP-240072_ABSTRACT.pdf

Download (492kB)
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-38400.html

Abstract

Bullying merupakan masalah serius di sekolah, berdampak negatif pada fisik, mental, dan sosial korban. Faktor yang mempengaruhi bullying diantara lain faktor individu, keluarga, teman sebaya, media, sekolah, dan self-control. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui faktor-faktor kecenderungan perilaku bullying pada siswa madrasah aliyah. Desain Penelitian: Deskriptif kuantitatif dengan populasi sebanyak 80 siswa, dan didapatkan sampel sebanyak 67 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dengan variabel penelitian perilaku bullying, faktor keluarga, faktor teman sebaya, dan faktor media. Analisa data menggunakan uji statistik deskriptif. Hasil analisis data: diperoleh pada hampir seluruhnya (76,1%) berperilaku bullying sedang, 80,6% faktor keluarga demokratis, 92,5% faktor teman sebaya rendah, dan sebagian besar (58,2%) faktor media negatif. Simpulan: Penelitian ini menunjukkan gambaran perilaku bullying, faktor keluarga, faktor teman sebaya, dan faktor media pada siswa. Diharapkan hasil ini dapat memberikan gambaran terkait faktor kecenderungan berperilaku bullying dan dapat mencegah perilaku bullying dengan memperhatikan faktor-faktor tersebut.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFitriasari, AndikawatiNIDN0727068505andikawati_f@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: bullying, faktor keluarga, faktor media, faktor teman sebaya
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Nursing and Midwifery > Program Study of Nursing Bachelor
Depositing User: Mr. . Aji
Date Deposited: 22 Jul 2025 01:46
Last Modified: 22 Jul 2025 01:46
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/11582

Actions (login required)

View Item View Item