HUBUNGAN GAYA BELAJAR DAN PERTEMANAN DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PROGRAM STUDI S1 GIZI FAKULTAS KESEHATAN UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SURABAYA

IRFAK, MUHAMAD SUHAILI (2024) HUBUNGAN GAYA BELAJAR DAN PERTEMANAN DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PROGRAM STUDI S1 GIZI FAKULTAS KESEHATAN UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img] PDF
SR-KP-240196_ABSTRACT.pdf

Download (937kB)
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-39071.html

Abstract

Permasalahan yang sering terjadi di kalangan mahasiswa adalah banyak mahasiswa yang belum mengetahui gaya belajar pada dirinya, sehingga prestasi akademik yang diperoleh mahasiswa kurang memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara gaya belajar dan pertemanan dengan prestasi akademik mahasiswa semester 4 dan 6 Program Studi Sarjana Gizi Fakultas Kesehatan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa semester 4 dan 6 Program Studi Sarjana Gizi Fakultas Kesehatan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya sebesar 150 mahasiswa. Sampel penelitian terdiri dari 109 mahasiswa yang dipilih secara proportionate stratified random sampling. Variabel independen gaya belajar dan pertemanan. Variabel dependen prestasi belajar. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan uji korelasi Chi Square dan Rank Spearman. Hasil penelitian hampir setengah mahasiswa memiliki gaya belajar collaborative (39,4%), hampir setengah (46,8%) mahasiswa memiliki pertemanan yang sedang, sebagian besar mahasiswa yang memiliki prestasi akademik mahasiswa dengan pujian (66,1%). Hasil uji korelasi Chi Square dan Rank Spearman dengan tingkat signifikasi a = 0,05 didapatkan p = 0,000 < a = 0,05 (gaya belajar dan prestasi akademik mahasiswa) dan p=0,029 < a=0,05 (pertemanan dan prestasi akademik mahasiswa) maka ada hubungan yang signifikan antara gaya belajar dan pertemanan dengan prestasi akademik. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa gaya belajar dan pertemanan mempengaruhi prestasi akademik mahasiswa. Disarankan program studi menyediakan ruang diskusi, ruang belajar yang nyaman, serta fasilitas teknologi yang mendukung pembelajaran.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorBudury, SyiddatulNIDN0720028202syiddatbr@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Gaya Belajar, Pertemanan, Prestasi Akademik
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Nursing and Midwifery > Program Study of Nursing Bachelor
Depositing User: Mr. . Aji
Date Deposited: 24 Jul 2025 01:28
Last Modified: 24 Jul 2025 01:28
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/11712

Actions (login required)

View Item View Item