HUBUNGAN PEMBERIAN REWARD GURU TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SD TRI BHAKTI SURABAYA

HASANAH, CHUSNATUL (2017) HUBUNGAN PEMBERIAN REWARD GURU TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SD TRI BHAKTI SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-SD-170001_abstract.pdf

Download (66kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-15344.html

Abstract

Skripsi ini membahas bagaimana hubungan pemberian reward terhadap motivasi belajar siswa. Data diperoleh melalui observasi dan angket yang disebar pada siswa SD Tri Bhakti Surabaya. Pemberian reward kini sudah jarang diaplikasikan dalam pembelajaran oleh pendidik, tidak jarang jika salah satu menurunnya tingkat motivasi belajar siswa adalah karena kurangnya penghargaan yang diberikan oleh guru pada peseta didik. Pendekatan pada penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dimana fokus penelitiannya adalah membuktikan ada atau tidaknya hubungan pemberian reward guru terhadap peningkatan motivasi belajar siswa. Instrumen yang digunakan peneliti yaitu dengan menggunakan angket (kuesioner) dimana sampel pada penelitian ini berjumlah 76 responden (siswa). Pengambilan jumlah sampel menggunakan rumus tertentu untuk menentukan jumlah sampel minimal, sehingga pengambilan sampel dilakukan secara acak. Uji statistik yang digunakan pada penelitian ini menggunakan analisis Korelasi Product Moment. Manfaat dari penelitian ini adalah agar guru dapat mengoptimalkan pemberian reward dalam pembelajaran. Karena dengan adanya reward maka guru akan lebih mudah dalam mencapai tujuan pembelajaran. Adapaun manfaat bagi sekolah adalah memberikan informasi bahwa terdapat hubungan antara pemberian reward terhadap motivasi belajar siswa. Sehingga pemberian reward dapat diaplikasikan pada semua kelas di SD Tri Bhakti Surabaya. Saran yang diajukan peneliti dalam penelitian ini diantaranya adalah Guru hendaknya lebih meningkatkan perhatian pada motivasi belajar siswa dengan memberikan perhatian dan nasehat-nasehat serta memberikan apa yang bisa menyenangkan hati siswa yang bersifat mendidik dan bagi peneliti selanjutnya jika instrumen yang digunakan berupa angket, maka pemberian angket lebih difokuskan pada kelas tertentu, karena jika diberikan pada kelas 1 sd maka proses nya akan membutuhkan waktu yang lama dan kurang efektif.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMachmudah, MachmudahNIDN0712037401machmudah@unusa.ac.id
Thesis advisorNuryana, InaNIDN0726097804inanuryana@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Reward, Motivasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mr. . Aji
Date Deposited: 23 Feb 2018 00:43
Last Modified: 12 Apr 2023 05:13
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/1731

Actions (login required)

View Item View Item