PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINKPAIR SHARE TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI MATA PELAJARAN IPA DI MI NURULHUDA II DUSUN GELINTUNG KABUPATEN GRESIK

ISTIKHOMAH, RIA (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINKPAIR SHARE TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI MATA PELAJARAN IPA DI MI NURULHUDA II DUSUN GELINTUNG KABUPATEN GRESIK. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-SD-170005_abstract.pdf

Download (70kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-15349.html

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar mata pelajaran IPA melalui penggunaan Model Pembelajaran Think Pair Share pada siswa kelas VI MI Nurul Huda II, Dusun Gelintung, Kabupaten Gresik. Jenis penelitian ini adalah Deskriptif kuantitatif dengan metode eksperimen, dan dengan desain One Group One Pretest Posttest Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI MI Nurul Huda II, Dusun Gelintung, Kabupaten Gresik. Penelitian ini dilaksanakan satu pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan pretest posttest dan angket. Validitas dicari melalui korelasi Product Moment kemudian koefisien reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach dengan melihat Anova. Analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Kriteria keberhasilan penelitian ini adalah pengaruh model pembelajaran kooperatif Think Pair Share terhadap motivasi belajar yang telah mencapai presentase mencapai ≥ 75%, dan persentase pengaruh model pembelajaan motivasi belajar siswa mencapai ≥ 95%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif Think Pair Share dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa kelas VI MI Nurul Huda II, Dusun Gelintung, Kabupaten Gresik Pembelajarannya yaitu menggunakan strategi pembentukan kelompok berpasangan yang terdiri dari dua orang tiap kelompok, setalah itu berdiskusi dengan kelompok masing-masing dan mengerjakan Lembar Kegiatan Siswa yang telah dibagikan oleh guru, kemudian setalah selesai maka perwakilan tiap kelompok akan mempresentasikan hasil diskusi kepada kelompok yang lain didepan kelas.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMaimunah, SitiNIDN0701027003maimunah@unusa.ac.id
Thesis advisorTaufiq, MohammadNIDN0717108402mtaufiq79@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Model Think Pair Share, Motivasi, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mr. . Aji
Date Deposited: 24 Feb 2018 21:47
Last Modified: 12 Apr 2023 05:15
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/1749

Actions (login required)

View Item View Item