PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CTL PADA SISWA KELAS III SDN KEBOAN ANOM GEDANGAN SIDOARJO

HARTIYAH, UMI KUSMI (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CTL PADA SISWA KELAS III SDN KEBOAN ANOM GEDANGAN SIDOARJO. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-SD-170002_abstract.pdf

Download (66kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-15345.html

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika dan model pembelajaran pada siswa Kelas III SDN Keboan Anom Gedangan Sidoarjo pada materi simetri lipat. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) mengetahui peningkatan hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning). Penelitian ini dilaksanakan di SDN Keboan Anom Gedangan Sidoarjo, dengan subyek penelitian kelas III A berjumlah 31 siswa, kelas III B berjumlah 34 siswa, dan kelas III C berjumlah 35. Teknik pengumpulan data menggunakan pretest dan postest. Instrumen penelitian menggunakan soal pilihan ganda, lembar observasi. Anaalisis data yang digunakan adalah data kuantitatif. Langkah-langkah model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) terdiri dari : 1) Kontrutivisme, 2) menemukan, 3) bertanya. Nilai rata-rata hasil belajar pada kondisi awal 62,75 jumlah siswa yang mencapai KKM meningkat dari kondisi awal 45%. Peningkatan juga terjadi pada model perbedaan CTL (Contextual Teaching and Learning).

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKamariyah, NurulNIDN0728017002nurulkamariyah@unusa.ac.id
Thesis advisorHartatik, SriNIDN0706118102titax@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mr. . Aji
Date Deposited: 25 Feb 2018 01:40
Last Modified: 12 Apr 2023 05:14
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/1764

Actions (login required)

View Item View Item