SURYONO, HADI (2012) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP PENINGKATAN KONSEP DIRI PADA PASIEN ACNE VULGARIS DI PRAKTEK PRIBADI Dr. EKO RIYANTO, SpKK. [Undergraduate Thesis]
|
PDF
KT02502_abstract.pdf Download (21kB) | Preview |
Abstract
Acne vulgaris merupakan jenis penyakit kulit yang sering diderita para remaja dan dewasa muda sehingga menyebabkan konsep diri menurun. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pendidikan kesehatan terhadap peningkatan konsep diri pada pasien acne vulgaris di praktek pribadi Dr. Eko Riyanto, SpKK. Desain penelitian ini adalah Eksperimen dengan one grup pretes-postes. Populasinya semua pasien acne vulgaris di praktek pribadi Dr.Eko Riyanto, SpKK sebanyak 30 orang. Cara pengambilan sampel dengan menggunakan tehnik simple random sampling. Dengan sampel 28 Responden. Variabel independen adalah konsep diri sebelum dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan. pengumpulan data mengunakan kuesioner. Data dianalisis dengan uji pairet t-test dengan tingkat kemaknaan α = 0,05. Hasil penelitian sebelum diberikan pendidikan kesehatan, hampir seluruh responden mempunyai konsep diri kurang dan sesudah diberikan kesehatan sebagian responden mempunyai konsep diri cukup , nilai t sebesar 14,074 dengan p-value (signifikan) sebesar 0,000 < 0.05 Ho di tolak, yaitu terdapat perbedaan skor yang signifikan antara hasil sebelum dengan hasil sesudah diberikan pendidikan kesehatan. Disimpulkan ada pengaruh pendidikan kesehatan terhadap peningkatan konsep diri pada pasien acne vulgaris, perawatan dan pencegahan acne vulgaris sangat penting di berikan untuk meningkatkan konsep diri pada pasien acne vulgaris
Item Type: | Undergraduate Thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan kesehatan, konsep diri, acne vulgaris |
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Faculty of Nursing and Midwifery > Program Study of Diploma III Nursing |
Depositing User: | Mr. . Bagas |
Date Deposited: | 22 Apr 2018 23:30 |
Last Modified: | 22 Apr 2018 23:30 |
URI: | http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/2266 |
Actions (login required)
View Item |