IMAN, RIZAL KOMARUL
(2017)
HUBUNGAN PENGGUNAAN GADGET DENGAN PERKEMBANGAN BAHASA PADA ANAK USIA 2-6 TAHUN DI KELOMPOK BERMAIN AISYIYAH 14 PABEANCANTIAN SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Penggunaan gadget sekarang bukan lagi didominasi orang dewasa melainkan anak-anak juga pengguna aktif. Anak kurang berinteraksi dengan lingkungan sehingga memiliki resiko gangguan perkembangan bahasa. Tujuan penelitian ini menganalisa hubungan penggunaan gadget dengan perkembangan bahasa pada anak usia 2-6 tahun di kelompok bermain aisyiyah 14 pabean cantian surabaya
Desain penelitian analitik korelasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi sebesar 33 orang dan besar sampel sebesar 30 responden dengan teknik simple random sampling. Variabel independen penggunaan gadget dan variabel dependen perilaku perkembangan bahasa. Intrumen penelitian menggunakan kuesioner dan lembar observasi. Analisis data menggunakan uji chi square dengan, nilai kemaknaan α = 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan dari dari 30 responden sebesar 19 responden yang menggunakan gadget ≥ 1 jam, sebagian besar (68,4%) perkembangan bahasanya tidak normal. Hasil uji statistik chi square ρ = 0.029 < α = 0.05 menunjukkan ada hubungan antara hubungan penggunaan gadget dengan perkembangan bahasa pada anak usia 2-6 tahun.
Penggunaan gadget ≥ 1 jam pada anak usia 2-6 tahun menyebabkan gangguan dalam perkembangan bahasa. Guna mengantisipasi gangguan dalam perkembangan bahasa anak, perlu diberikan bimbingan atau konseling kepada
orang tua tentang pemanfaat gadget yang benar bagi anak sehingga anak tidak menjadi ketergantungan yang memberi dampak negatif terhadap tumbuh kembangnya.
Actions (login required)
|
View Item |