GAMBARAN PERKEMBANGAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS USIA 7-9 TAHUN TINGKAT SEKOLAH DASAR DI SEKOLAH BERKEBUTUHAN KHUSUS BANGUN BANGSA PACAR KELING SURABAYA

WILANTARA, RIZKY WAHYU (2013) GAMBARAN PERKEMBANGAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS USIA 7-9 TAHUN TINGKAT SEKOLAH DASAR DI SEKOLAH BERKEBUTUHAN KHUSUS BANGUN BANGSA PACAR KELING SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
KT02950_abstract.pdf

Download (16kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-8552.html

Abstract

Anak berkebutuhan khusus mempunyai perbedaan dalam perkembangan, namun banyak masyarakat disekitar lingkungan tidak peduli dan bersifat acuh pada anak tersebut. Sikap tidak peduli ini akan berdampak bagi perkembangan mental anak karena pada kondisi tersebut mudah sekali terjadi penyimpangan sosial. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui gambaran perkembangan anak berkebutuhan khusus di Sekolah Berkebutuhan Khusus Bangun Bangsa Pacar Keling Surabaya. Desain penelitian ini adalah deskriptif. Populasi dan besar sampel anak disekolah berkebutuhan khusus sebanyak 20 responden berusia 7-9 tahun yang diambil dengan teknik Total Sampling. Variabel penelitian perkembangan anak berkebutuhan khusus usia 7-9 tahun. Data diambil mengunakan kuesioner, kemudiaan dianalisis secara deskriptif dan distribusi frekuensi. Hasil penelitian di dapatkan sebagaian kecil (15%) perkembangan baik, sebagian kecil (15%) perkembangan cukup, sebagian besar (70%) perkembangan kurang. Simpulan penelitian sebagian besar anak berkebutuhan khusus mengalami perkembangan yang kurang. Disarankan bagi pihak sekolah membuat suatu instrumen perkembangan anak berkebutuhan khusus agar kemampuan anak bisa terpantau setiap bulan dan menjadi bahan diskusi oleh peneliti selanjutnya.

Item Type: Undergraduate Thesis
Uncontrolled Keywords: perkembangan anak, anak berkebutuhan khusus
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics > RJ499-507 Mental disorders. Child psychiatry
Divisions: Faculty of Nursing and Midwifery > Program Study of Diploma III Nursing
Depositing User: Mr. . Adit
Date Deposited: 30 May 2018 06:12
Last Modified: 30 May 2018 06:12
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/2591

Actions (login required)

View Item View Item