FARIZI, ANGGER BAYU MUHAMAD
(2016)
HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN INTENSITAS CYBERBULLYING PADA SISWA KELAS XI SMA DHARMA WANITA SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Sebagian besar siswa kelas XI di SMA Dharma Wanita Surabaya masih melakukan cyberbullying kepada teman sebayanya. Penelitian bertujuan menganalisis hubungan konsep diri dengan intensitas cyberbullying pada siswa kelas XI SMA Dharma Wanita Surabaya.
Desain penelitian menggunakan analitik bersifat cross sectional, dengan populasi 110 responden, dan sampel diambil secara stratified random sampling sebanyak 48 responden. Variabel independen konsep diri dan variabel dependen intensitas cyberbullying. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner dan wawancara. Dianalisis menggunakan uji statistik Rank Spearman, tingkat kemaknaan α = 0,05.
Hasil penelitian didapatkan konsep diri siswa, sebagian besar (56,3%) mempunyai konsep diri yang negatif, dan hampir seluruhnya (92,6%) melakukan cyberbullying dalam intensitas constantly. Hasil uji statistik Rank Spearman didapatkan ρ = 0,00 < α = 0,05 yang berarti H0 ditolak artinya ada hubungan konsep diri dengan intensitas cyberbullying pada siswa.
Simpulan dari penelitian ini adalah siswa kelas XI sebagian besar mempunyai konsep diri negatif dan hampir seluruhnya melakukan cyberbullying dalam intensitas constantly. Diharapkan siswa dapat meningkatkan konsep diri yang dimiliki, agar intensitas cyberbullying dapat berkurang.
Actions (login required)
|
View Item |