HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN DAN PENDIDIKAN IBU TERHADAP STIMULASI PERKEMBANGAN ANAK USIA PRA SEKOLAH. STUDI PADA TK DARMA WANITA GEBANG SIDOARJO

MARDIYANA, MUFITA (2010) HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN DAN PENDIDIKAN IBU TERHADAP STIMULASI PERKEMBANGAN ANAK USIA PRA SEKOLAH. STUDI PADA TK DARMA WANITA GEBANG SIDOARJO. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
Kt01557_abstract.pdf

Download (75kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-7203.html

Abstract

Ibu mempakan panutan atau contoh bagi anak pada masa perkembangan, untuk itu perlu memberikan panutan yang baik bagi anak agar anak dapat mengambil hal positif dari ibunya. Kurangnya pengetahuan ibu tentang pemberian stimulasi dapat di sebabkan oleh kesibukan ibun dan pemahaman tentang stimulasi yang kurang. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menghubungkan antara pengetahuan dan pendidikan ibu terhadap stimulasi perkembangan anak usia pra sekolah. Studi pada TK Darma Wanita Gebang Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode analitik karena bertujuan untuk menguji hipotesis mengenai kemungkinan hubungan kausal antar variabel yang dilakukan secara cross sectional yaitu merupakan rancangan penelitian yang dilakukan dalam satu waktu. Populasi dalam penelitian ini adalah semua ibu yang mempunyai anak usia pra sekolah di TK Danna Wanita Gebang Sidoarjo yang berjumlah 49 Ibu dan anak. Sampel ibu anak sebanyak 44 responden dan tekniknya adalah probability dengan simple random sampling, dan cara pengambilan data dengan menggunakan kuesioner dan checklist. penelitian ini di lakukan pada bulan Maret, basil di sajikan dalam bentuk Tabel dan Narasi, serta dilakukan uji statistik koefisien korelasi Rank Spearman dan di Bantu SPSS Program 16. Windows Hasil uji statistik korelasi Rank Spearman dari pengetahuan di dapatkan p 0.001 < a 0.05 dan p tabel dapat ditarik kesimpualn p hitung < a 0.05 sehingga H1 diterima artinya ada hubungan antara pendidikan dengan stimulasi perkembangan anak. dan dari pendidikan di dapatkan p hitung 0.002 dan a 0.05 sehingga dapat ditarik kesimpualn p hitung < a 0.05 sehingga Hjd! terima artinya ada hubungan antara pendidikan dengan stimulasi perkembangan anak Kesimpulan peneliti ini adalah sebagian besar ibu memiliki pengetahuan cukup, sehingga di harapkan bagi ibu untuk meningkatkan pengetahuan tentang bagaimana memberikan stimulasi yang seusia pada usia anak secara optimal.

Item Type: Undergraduate Thesis
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Pendidikan, Stimulasi Perkembangan Anak.
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics > RJ125-145 Physiology of children and adolescents
Divisions: Faculty of Nursing and Midwifery > Program Study of Nursing Bachelor
Depositing User: Mr. . Adit
Date Deposited: 22 Jan 2019 05:52
Last Modified: 22 Jan 2019 05:52
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/3369

Actions (login required)

View Item View Item