Akhwani, . (2018) Pembelajaran PPKn Dengan Value Clarification Technique Berbantuan Role Playing Terhadap Keterampilan Intelektual Siswa SMA. Education And Human Development Journal (EHDJ), 3 (2). pp. 121-129. ISSN 2541-0156
|
PDF
Pembelajaran PPKn Dengan Value Clarification Technique Berbantuan Role Playing Terhadap Keterampilan Intelektual Siswa SMA.pdf Download (322kB) | Preview |
|
|
PDF
peer review.pdf Download (375kB) | Preview |
|
|
PDF
turnitin.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas pembelajaran PPKn dengan value clarification technique (VCT) berbantuan role playing terhadap keterampilan intelektual siswa SMA. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang didesain melalui kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen menggunakan pembelajaran PPKn dengan VCT berbantuan role playing, sementara kelompok kontrol hanya menggunakan VCT. Pengumpulan data menggunakan observasi. Data dianalisis menggunakan bantuan SPSS 16 for Windows melalui uji t-test dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian membuktikan bahwa nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (p = 0,006<0,05), sementara nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel (2,849>1,99). Dengan demikian pembelajaran PPKn dengan VCT berbantuan role playing efektif dalam mengem- bangkan keterampilan intelektual siswa SMA
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | value clarification technique, role playing, intellectual skills |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education |
Depositing User: | Mr. . Aji |
Date Deposited: | 25 Feb 2019 03:19 |
Last Modified: | 18 Mar 2019 04:12 |
URI: | http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/3594 |
Actions (login required)
View Item |