Pembelajaran PPKn Dengan Value Clarification Technique Berbantuan Role Playing Terhadap Keterampilan Intelektual Siswa SMA

Akhwani, . (2018) Pembelajaran PPKn Dengan Value Clarification Technique Berbantuan Role Playing Terhadap Keterampilan Intelektual Siswa SMA. Education And Human Development Journal (EHDJ), 3 (2). pp. 121-129. ISSN 2541-0156

[img]
Preview
PDF
Pembelajaran PPKn Dengan Value Clarification Technique Berbantuan Role Playing Terhadap Keterampilan Intelektual Siswa SMA.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
peer review.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
turnitin.pdf

Download (4MB) | Preview
Official URL: http://journal2.unusa.ac.id/index.php/EHDJ/article...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas pembelajaran PPKn dengan value clarification technique (VCT) berbantuan role playing terhadap keterampilan intelektual siswa SMA. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang didesain melalui kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen menggunakan pembelajaran PPKn dengan VCT berbantuan role playing, sementara kelompok kontrol hanya menggunakan VCT. Pengumpulan data menggunakan observasi. Data dianalisis menggunakan bantuan SPSS 16 for Windows melalui uji t-test dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian membuktikan bahwa nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (p = 0,006<0,05), sementara nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel (2,849>1,99). Dengan demikian pembelajaran PPKn dengan VCT berbantuan role playing efektif dalam mengem- bangkan keterampilan intelektual siswa SMA

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: value clarification technique, role playing, intellectual skills
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mr. . Aji
Date Deposited: 25 Feb 2019 03:19
Last Modified: 18 Mar 2019 04:12
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/3594

Actions (login required)

View Item View Item