CHUSNIYAH, NURUL
(2016)
PENGARUH BIMBINGAN IMAJINASI MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL (VIDEO) TERHADAP STRES HOSPITALISASI ANAK USIA SEKOLAH (6-9 TAHUN) DI RUANG HIJIR ISMAIL RS ISLAM SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Stres hospitalisasi masih terjadi pada anak, sehingga perlu dilakukan tindakan dalam upaya mengurangi stres. Tujuan penelitian untuk mengetahui adanya pengaruh antara bimbingan imajinasi menggunakan media video terhadap stres hospitalisasi anak usia sekolah (6-9 tahun) di ruang Hijir Ismail RS Islam Surabaya.
Desain menggunakan Quasy Eksperimen dengan pendekatan pre-post test.
Populasi semua anak usia (6-9 tahun) yang dirawat. Sampel sebesar 24 responden, menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan instrument
kuesioner, data dianalisa dengan uji wilcoxon test dan Mann-Whithney dengan α =
0,05.
Hasil penelitian pretest pada kelompok perlakuan sebagian besar (58,3%) mengalami stres sedang, pada kelompok kontrol setengahnya (50%) juga mengalami stres sedang. Setelah dilakukan bimbingan imajinasi, kelompok perlakuan hampir seluruhnya (83,3%) mengalami stres ringan, sedangkan kelompok kontrol sebagian besar (58,3%) tetap stres sedang. Perbedaan delta reratanya pada kelompok perlakuan sebesar 5.50 dan hasil uji wilcoxon 0,002, sedangkan kelompok kontrol delta reratanya 0.33 dengan hasil uji wilcoxon 0,236. Hasil uji Mann-Withney didapatkan hasil p (0,004) < α (0,05), maka H0 di tolak artinya ada pengaruh antara bimbingan imajinasi menggunakan video dengan stres hospitalisasi anak usia sekolah.
Simpulan penelitian yaitu bimbingan imajinasi menggunakan media video berpengaruh terhadap penurunan tingkat stres hospitalisasi anak, diharapkan bimbingan imajinasi digunakan sebagai intervensi keperawatan upaya mengurangi
stres hospitalisasi anak.
Actions (login required)
|
View Item |