PENGARUH BIMBINGAN IMAJINASI MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL (VIDEO) TERHADAP STRES HOSPITALISASI ANAK USIA SEKOLAH (6-9 TAHUN) DI RUANG HIJIR ISMAIL RS ISLAM SURABAYA

CHUSNIYAH, NURUL (2016) PENGARUH BIMBINGAN IMAJINASI MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL (VIDEO) TERHADAP STRES HOSPITALISASI ANAK USIA SEKOLAH (6-9 TAHUN) DI RUANG HIJIR ISMAIL RS ISLAM SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-KP-160063_abstract.pdf

Download (24kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-14013.html

Abstract

Stres hospitalisasi masih terjadi pada anak, sehingga perlu dilakukan tindakan dalam upaya mengurangi stres. Tujuan penelitian untuk mengetahui adanya pengaruh antara bimbingan imajinasi menggunakan media video terhadap stres hospitalisasi anak usia sekolah (6-9 tahun) di ruang Hijir Ismail RS Islam Surabaya. Desain menggunakan Quasy Eksperimen dengan pendekatan pre-post test. Populasi semua anak usia (6-9 tahun) yang dirawat. Sampel sebesar 24 responden, menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan instrument kuesioner, data dianalisa dengan uji wilcoxon test dan Mann-Whithney dengan α = 0,05. Hasil penelitian pretest pada kelompok perlakuan sebagian besar (58,3%) mengalami stres sedang, pada kelompok kontrol setengahnya (50%) juga mengalami stres sedang. Setelah dilakukan bimbingan imajinasi, kelompok perlakuan hampir seluruhnya (83,3%) mengalami stres ringan, sedangkan kelompok kontrol sebagian besar (58,3%) tetap stres sedang. Perbedaan delta reratanya pada kelompok perlakuan sebesar 5.50 dan hasil uji wilcoxon 0,002, sedangkan kelompok kontrol delta reratanya 0.33 dengan hasil uji wilcoxon 0,236. Hasil uji Mann-Withney didapatkan hasil p (0,004) < α (0,05), maka H0 di tolak artinya ada pengaruh antara bimbingan imajinasi menggunakan video dengan stres hospitalisasi anak usia sekolah. Simpulan penelitian yaitu bimbingan imajinasi menggunakan media video berpengaruh terhadap penurunan tingkat stres hospitalisasi anak, diharapkan bimbingan imajinasi digunakan sebagai intervensi keperawatan upaya mengurangi stres hospitalisasi anak.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSanty, Wesiana HerisNIDN0723067701wesiana@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Imajinasi, Stres Hospitalisasi.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Nursing and Midwifery > Program Study of Nursing Bachelor
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 13 Dec 2016 01:15
Last Modified: 31 Jan 2022 03:41
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/372

Actions (login required)

View Item View Item