MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BILANGAN MELALUI PERMAINAN MEMANCING ANGKA PADA ANAK KELOMPOK B DI PPT TUNAS CEMPAKA KECAMATAN RUNGKUT SURABAYA

SAHRIYA, SAHRIYA (2018) MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BILANGAN MELALUI PERMAINAN MEMANCING ANGKA PADA ANAK KELOMPOK B DI PPT TUNAS CEMPAKA KECAMATAN RUNGKUT SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-180028_abstract.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-20730.html

Abstract

Rendahnya kemampuan memahami konsep bilangan pada anak kelompok B dapat mengakibatkan kendala bagi anak untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi, yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep bilangan melalui permainan memancing angka di PPT Tunas Cempaka. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Masing-masing siklus dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok B yang berjumlah 20 anak. Obyek yang diteliti adalah pemahaman konsep bilangan melalui permainan memancing angka. Hasil penelitian pada pra siklus menunjukkan pemahaman konsep bilangan 45% belum berkembang. Pada Siklus I pemahaman konsep bilangan meningkat 40% hampir setengahnya berkembang sesuai harapan. Pada Siklus II pemahaman konsep bilangan meningkat 80% hampir seluruhnya berkembang sesuai harapan dan 15% sebagian kecil berkembang sangat baik. Permainan memancing angka di PPT Tunas Cempaka dapat meningkatkan pemahaman konsep bilangan 95% hampir seluruhnya dari 20 peserta didik melebihi indikator keberhasilan yang diharapkan. Permaianan memancing angka dapat diterapkan sebagai metode permainan di PAUD untuk meningkatkan konsep bilangan.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorUmamah, FaridaNIDN0707057702umamahfarida@unusa.ac.id
Thesis advisorRahayu, Dewi WidianaNIDN0715108901dewiwidiana@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: pemahaman konsep bilangan, permainan memancing angka, anak kelompok B
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 15 Mar 2019 03:34
Last Modified: 10 Apr 2023 04:32
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/3757

Actions (login required)

View Item View Item