UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL HURUF HIJAIYAH PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN MELALUI METODE BERNYANYI DI PPT LESTARI RUNGKUT SURABAYA

FITRIYANI, FITRIYANI (2018) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL HURUF HIJAIYAH PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN MELALUI METODE BERNYANYI DI PPT LESTARI RUNGKUT SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-180035_abstract.pdf

Download (928kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-20814.html

Abstract

Metode Bernyanyi adalah metode pembelajaran yang menggunakan nyanyian sebagai wahana belajar, jadi dengan menggunakan nyanyian ini dan dibantu dengan media fleshcard diharapkan siswa mampu mengingat materi pembelajaran dengan baik. Dengan menerapkan metode bernyanyi dapat meningkatkan kemampuan menghafal huruf hijaiyah pada anak usia 3-4 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menghafal huruf hijaiyah melalui metode bernyanyi di PPT Lestari Rungkut Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah anak usia 3- 4 tahun dengan jumlah 10 anak didik. Data dianalisis menggunakan statisik deskriptif dengan patokan standar keberhasilan ≥ 75%. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kemampuan menghafal huruf hijaiyah pada siklus I memperoleh 68 dengan kriteria baik dan pada siklus II memperoleh 81 dengan kriteria sangat baik. Sehingga memperoleh peningkatan kemampuan menghafal huruf hijaiyah melalui metode bernyanyi sebesar 13%. Simpulan dari penelitian ini adalah ada peningkatan kemampuan menghafal huruf hijaiyah melalui metode bernyanyi pada anak usia 3-4 tahun di PPT Lestari Rungkut Surabaya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi untuk meningkatkan kemampuan menghafal anak.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKhamida, KhamidaNIDN0728067901khamida@unusa.ac.id
Thesis advisorShodiq, M.NIDN0728106304sdqbluru@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Menghafal Huruf Hijaiyah, Metode Bernyanyi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 19 Mar 2019 02:48
Last Modified: 10 Apr 2023 04:48
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/3786

Actions (login required)

View Item View Item