FITRIYANI, FITRIYANI
(2018)
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL HURUF HIJAIYAH PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN MELALUI METODE BERNYANYI DI PPT LESTARI RUNGKUT SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Metode Bernyanyi adalah metode pembelajaran yang menggunakan nyanyian sebagai wahana belajar, jadi dengan menggunakan nyanyian ini dan
dibantu dengan media fleshcard diharapkan siswa mampu mengingat materi pembelajaran dengan baik. Dengan menerapkan metode bernyanyi dapat meningkatkan kemampuan menghafal huruf hijaiyah pada anak usia 3-4 tahun.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan
menghafal huruf hijaiyah melalui metode bernyanyi di PPT Lestari Rungkut
Surabaya.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
dengan model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah anak usia 3-
4 tahun dengan jumlah 10 anak didik. Data dianalisis menggunakan statisik deskriptif dengan patokan standar keberhasilan ≥ 75%.
Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kemampuan menghafal huruf hijaiyah pada siklus I memperoleh 68 dengan kriteria baik dan pada siklus II memperoleh 81 dengan kriteria sangat baik. Sehingga memperoleh peningkatan kemampuan menghafal huruf hijaiyah melalui metode bernyanyi sebesar 13%.
Simpulan dari penelitian ini adalah ada peningkatan kemampuan menghafal huruf hijaiyah melalui metode bernyanyi pada anak usia 3-4 tahun di PPT Lestari Rungkut Surabaya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi untuk meningkatkan kemampuan menghafal anak.
Actions (login required)
|
View Item |