FITRIYANI, FITRIYANI
  
(2018)
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL HURUF HIJAIYAH PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN MELALUI METODE BERNYANYI DI PPT LESTARI RUNGKUT SURABAYA.
    [Undergraduate Thesis]
  
  
  
  
  
    
  
    
      
      
    
  
  
    
  
  
    Abstract
    Metode Bernyanyi adalah metode pembelajaran yang menggunakan nyanyian sebagai wahana belajar, jadi dengan menggunakan nyanyian ini dan
dibantu dengan media fleshcard diharapkan siswa mampu mengingat materi pembelajaran dengan baik. Dengan menerapkan metode bernyanyi dapat meningkatkan kemampuan menghafal huruf hijaiyah pada anak usia 3-4 tahun.
Penelitian   ini   bertujuan   untuk   mengetahui   peningkatan   kemampuan
menghafal  huruf  hijaiyah  melalui  metode  bernyanyi  di  PPT  Lestari  Rungkut
Surabaya.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
dengan model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah anak usia 3-
4 tahun dengan jumlah 10 anak didik. Data dianalisis menggunakan statisik deskriptif dengan patokan standar keberhasilan ≥ 75%.
Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kemampuan menghafal huruf hijaiyah pada siklus I memperoleh 68 dengan kriteria baik dan pada siklus II memperoleh 81 dengan kriteria sangat baik. Sehingga memperoleh peningkatan kemampuan menghafal huruf hijaiyah melalui metode bernyanyi sebesar 13%.
Simpulan   dari   penelitian   ini   adalah   ada   peningkatan   kemampuan menghafal huruf hijaiyah melalui metode bernyanyi pada anak usia 3-4 tahun di PPT Lestari Rungkut Surabaya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi untuk meningkatkan kemampuan menghafal anak.
  
  
  
  
  
    Actions (login required)
    
    
      
          | 
        View Item |