PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TYPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DEVISION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TEMA 8 SUB TEMA 2 KELAS IV DI SD TAQUMA JEMURSARI SURABAYA

MULIA, FITRI RINDI (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TYPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DEVISION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TEMA 8 SUB TEMA 2 KELAS IV DI SD TAQUMA JEMURSARI SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-SD-180028_abstract.pdf

Download (443kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-20722.html

Abstract

Pendidikan merupakan proses pembentukan kepribadian manusia yang bertujuan untuk membantu eserta didik agar dapat menumbuh kembangkan potensi-potensi kemanusiaannya. Dalam pendidikan guru berusaha memberikan pembelajran kepada siswa untuk lebih aktif mengembangkan potensi yang ada didalam dirinya. Untuk mencapai tujuan pendidikan guru sebagai motivator dan fasilitator dalam prosese belajar mengajar sangat besar peranannya terutama dalam usaha pembelajaran siswa. Berhasil atau tidaknya suatu pembelajaran tidak terlepas dari cara atau metode pengajaran. Mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial perlu diberikan kepada semua peserta didik mulai dari sekolah dasar untuk membekali mereka dengan kemampuan berfikir logis, analitis, sistematis, kritis dan kreatif serta kemampuan bekerjasama. Dalam mengajarkan ilmu pengetahuan sosial kepada siswa, apabila guru masih menggunakan paradigma pembelajran lama dalam arti komunikasi dalam pembelajaran kooperatif adalah strategi belajar dimana siswa belajar dalam kelompok kecil yang memiliki tingkat kemampuan yang berbeda. Pembelajaran dengan pendekatan ketrampilan proses dalam seting pembelajran kooperatif type STAD dapat mengubah pembelajaran dari teacher center menjadi student centered.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorShodiq, M.NIDN0728106304sdqbluru@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran kooperatif type STAD ( Students Teams Achievement Devision), IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 20 Mar 2019 03:07
Last Modified: 08 Dec 2021 07:41
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/3816

Actions (login required)

View Item View Item