MULIA, FITRI RINDI
(2018)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TYPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DEVISION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TEMA 8 SUB TEMA 2 KELAS IV DI SD TAQUMA JEMURSARI SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Pendidikan merupakan proses pembentukan kepribadian manusia yang bertujuan untuk membantu eserta didik agar dapat menumbuh kembangkan potensi-potensi kemanusiaannya. Dalam pendidikan guru berusaha memberikan pembelajran kepada siswa untuk lebih aktif mengembangkan potensi yang ada didalam dirinya. Untuk mencapai tujuan pendidikan guru sebagai motivator dan fasilitator dalam prosese belajar mengajar sangat besar peranannya terutama dalam usaha pembelajaran siswa.
Berhasil atau tidaknya suatu pembelajaran tidak terlepas dari cara atau metode pengajaran. Mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial perlu diberikan kepada semua peserta didik mulai dari sekolah dasar untuk membekali mereka dengan kemampuan berfikir logis, analitis, sistematis, kritis dan kreatif serta kemampuan bekerjasama. Dalam mengajarkan ilmu pengetahuan sosial kepada siswa, apabila guru masih menggunakan paradigma pembelajran lama dalam arti komunikasi dalam pembelajaran kooperatif adalah strategi belajar dimana siswa belajar dalam kelompok kecil yang memiliki tingkat kemampuan yang berbeda. Pembelajaran dengan pendekatan ketrampilan proses dalam seting pembelajran kooperatif type STAD dapat mengubah pembelajaran dari teacher center menjadi student centered.
Actions (login required)
|
View Item |