WULANDARI, MARDINA
(2018)
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PECAHAN MELALUI MEDIA BULAT PUTAR PADA SISWA KELAS III DI SDN LUMAJANG.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan media bulat putar. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas (PTK) ini pada siswa kelas III di SDN Sentul 02 kecamatan Sumbersuko kabupaten Lumajang. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Sentul 02 dengan jumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes. Teknik analisis data menggunakan kuantitatif deskriptif.
Hasil dari penelitian ini adalah pelaksanaan media bulat putar pada materi membandingkan pecahan sederhana mata pelajaran matematika di kelas III Sekolah Dasar Negeri Sentul 02 menunjukkan adanya peningkatan dari pra tindakan, siklus I ke siklus II. Ketuntasan hasil belajar pada pra tindakan 20% atau
4 siswa, siklus I sebesar 55% atau 11 siswa. Sedangkan siklus II ketuntasan hasil belajar mencapai 95% atau 19 siswa. Sehingga pada pra tindakan, siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebanyak 75%. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika materi pecahan dengan menggunakan media bulat putar pada siswa kelas III SDN Sentul 02 dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Saran yang direkomendasikan pada penelitian ini adalah sekolah hendaknya memberikan motivasi kepada guru untuk menggunakan media pembelajaran, guru hendaknya terus berusaha dalam menyiapkan media pembelajaran dan siswa hendaknya harus selalu aktif dalam mengikuti pembelajaran.
Actions (login required)
|
View Item |