WULANDARI, MARDINA
  
(2018)
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PECAHAN MELALUI MEDIA BULAT PUTAR PADA SISWA KELAS III DI SDN LUMAJANG.
    [Undergraduate Thesis]
  
  
  
  
  
    
  
    
      
      
    
  
  
    
  
  
    Abstract
    Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk  meningkatkan  hasil  belajar  siswa dengan menggunakan media bulat putar. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas (PTK)  ini  pada  siswa  kelas  III  di  SDN  Sentul  02  kecamatan  Sumbersuko kabupaten Lumajang. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Sentul 02 dengan jumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes. Teknik analisis data menggunakan kuantitatif deskriptif.
Hasil dari penelitian ini adalah pelaksanaan media bulat putar pada materi membandingkan pecahan sederhana mata pelajaran matematika di kelas III Sekolah Dasar Negeri Sentul 02 menunjukkan adanya peningkatan dari pra tindakan, siklus I ke siklus II. Ketuntasan hasil belajar pada pra tindakan 20% atau
4 siswa, siklus I sebesar 55% atau 11 siswa. Sedangkan siklus II ketuntasan hasil belajar mencapai 95% atau 19 siswa. Sehingga pada pra tindakan, siklus I ke siklus  II  mengalami  peningkatan  sebanyak  75%.  Berdasarkan  hasil  penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika materi pecahan dengan menggunakan media bulat putar pada siswa kelas III SDN Sentul 02 dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Saran   yang   direkomendasikan   pada   penelitian   ini   adalah   sekolah hendaknya memberikan motivasi kepada guru untuk menggunakan media pembelajaran, guru hendaknya terus berusaha dalam menyiapkan media pembelajaran dan siswa hendaknya harus selalu aktif dalam mengikuti pembelajaran.
  
  
  
  
  
    Actions (login required)
    
    
      
          | 
        View Item |