NIRWANA, MEGA FITRIA
(2018)
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE INDEX CARD MATCH (ICM) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS II SD TAQUMASURABAYA TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika melalui penggunaan Model Pembelajaran Aktif tipe Index Card Match (ICM) pada siswa kelas II SD Taquma Surabaya.
Jenis penelitian ini adalah Deskriptif kuantitatif dengan metode eksperimen, dan dengan desain One Group One Pretest Posttest Desaign.Variable bebas dalam penelitian ini adalah Model Pembelajaran Aktif tipe Index Card Match (ICM) sedangkan variable terikatnya adalah hasil belajar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Taquma Surabaya sebanyak 48 siswa, dengan dibagi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan angket.
Hasil dari uji-T diperoleh bahwa signifikan sebesar 0,000 < 0,05 (syarat mutlak). Artinya 0,000 lebih kecil dibandingkan dengan syarat yaitu 0,05 jadi terdapat pengaruh pada Model Pembelajaran Aktif tipe Index Card Match (ICM).
Sehingga penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Aktif tipe Index Card Match (ICM) layak digunakan untuk proses pembelajaran khususnya pada materi pecahan sederhana sehingga hasil belajar meningkat.
Actions (login required)
|
View Item |