PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE INDEX CARD MATCH (ICM) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS II SD TAQUMASURABAYA TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018

NIRWANA, MEGA FITRIA (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE INDEX CARD MATCH (ICM) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS II SD TAQUMASURABAYA TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-SD-180027_abstract.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-20718.html

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika melalui penggunaan Model Pembelajaran Aktif tipe Index Card Match (ICM) pada siswa kelas II SD Taquma Surabaya. Jenis penelitian ini adalah Deskriptif kuantitatif dengan metode eksperimen, dan dengan desain One Group One Pretest Posttest Desaign.Variable bebas dalam penelitian ini adalah Model Pembelajaran Aktif tipe Index Card Match (ICM) sedangkan variable terikatnya adalah hasil belajar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Taquma Surabaya sebanyak 48 siswa, dengan dibagi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan angket. Hasil dari uji-T diperoleh bahwa signifikan sebesar 0,000 < 0,05 (syarat mutlak). Artinya 0,000 lebih kecil dibandingkan dengan syarat yaitu 0,05 jadi terdapat pengaruh pada Model Pembelajaran Aktif tipe Index Card Match (ICM). Sehingga penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Aktif tipe Index Card Match (ICM) layak digunakan untuk proses pembelajaran khususnya pada materi pecahan sederhana sehingga hasil belajar meningkat.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMaimunah, SitiNIDN0701027003maimunah@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Aktif tipe Index Card Match (ICM), Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 20 Mar 2019 06:26
Last Modified: 08 Dec 2021 07:40
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/3846

Actions (login required)

View Item View Item