PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SD NEGERI 2 LABAN KABUPATEN GRESIK

MATHILDA, ENDA (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SD NEGERI 2 LABAN KABUPATEN GRESIK. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-SD-180023_abstract.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-20708.html

Abstract

Motivasi belajar dan hasil belajar siswa semakin rendah dikarenakan dalam proses pembelajaran guru menggunakan model pembelajaran konvensional. Tujuan peneletian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam kelas v terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa di SD Negeri 2 Laban Kabupaten Gresik. Desain penelitian ini menggunakan eksperimen jenis true experimental design tipe pretest-posttest control group design. Populasi seluruh siswa kelas V SD Negeri 2 Laban Kabupaten Gresik sebanyak 40 siswa. Teknik pengambilan sampel yang adalah total sampling dan jumlah sampel sebanyak 20 siswa. Teknik analisis data menggunakan uji Wilcaxon Matched-Pairs dengan tingkat signifikan 5% Hasil uji Wilcaxon Matched-Pairs diperoleh signifikan 0,000 yang artinya lebih kecil dari taraf signifikan yang ditentukan 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam kelas V terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa di SD Negeri Laban Kabupaten Gresik. Saran dalam penelitian ini adalah model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat diterapkan pada proses pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKamariyah, NurulNIDN0728017002nurulkamariyah@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Motivasi Belajar, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 20 Mar 2019 06:29
Last Modified: 08 Dec 2021 07:31
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/3847

Actions (login required)

View Item View Item