MATHILDA, ENDA
(2018)
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SD NEGERI 2 LABAN KABUPATEN GRESIK.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Motivasi belajar dan hasil belajar siswa semakin rendah dikarenakan dalam proses pembelajaran guru menggunakan model pembelajaran konvensional. Tujuan peneletian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam kelas v terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa di SD Negeri 2 Laban Kabupaten Gresik.
Desain penelitian ini menggunakan eksperimen jenis true experimental design
tipe pretest-posttest control group design. Populasi seluruh siswa kelas V SD Negeri 2
Laban Kabupaten Gresik sebanyak 40 siswa. Teknik pengambilan sampel yang adalah total sampling dan jumlah sampel sebanyak 20 siswa. Teknik analisis data menggunakan uji Wilcaxon Matched-Pairs dengan tingkat signifikan 5%
Hasil uji Wilcaxon Matched-Pairs diperoleh signifikan 0,000 yang artinya lebih kecil dari taraf signifikan yang ditentukan 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam kelas V terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa di SD Negeri Laban Kabupaten Gresik. Saran dalam penelitian ini adalah model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat diterapkan pada proses pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.
Actions (login required)
|
View Item |