PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA MONOPOLI BERNYANYI PADA MATERI KELILING PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG KELAS III SDN SIDOARJO

ADAWIYAH, ROBBIATUL (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA MONOPOLI BERNYANYI PADA MATERI KELILING PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG KELAS III SDN SIDOARJO. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-SD-180026_abstract.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-20714.html

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan media monopoli bernyanyi. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan di SDN Sidoarjo pada siswa kelas III dengan jumlah 28 siswa. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes. Teknik analisis data menggunakan kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian ini adalah pelaksanaan media monopoli bernyanyi pada materi keliling persegi dan persegi panjang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Sidoarjo yang ditunjukan dengan adanya peningkatan dari pra tindakan, siklus I ke siklus II. Ketuntasan hasil belajar pada pra tindakan 4% atau 1 siswa, siklus I sebesar 48,1% atau 13 siswa. Sedangkan siklus II ketuntasan hasil belajar mencapai 85% atau 17 siswa. Sehingga pada pra tindakan, siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebanyak 81%. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika materi keliling persegi dan persegi panjang menggunakan media monopoli bernyanyi pada siswa kelas III SDN Sidoarjo dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Saran yang direkomendasikan pada penelitian ini adalah sekolah dapat menyediakan media permainan dalam pembelajaran matematika dan mengembangkan penggunaan media, guru hendaknya lebih sering melatih siswa dengan berbagai media, siswa hendaknya lebih memotivasi diri agar aktif dalam kegiatan pembelajaran matematika dengan menggunakan berbagai macam media.

Item Type: Undergraduate Thesis
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Media, Pembelajaran Monopoli Bernyanyi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 20 Mar 2019 07:46
Last Modified: 20 Mar 2019 07:46
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/3866

Actions (login required)

View Item View Item