ADAWIYAH, ROBBIATUL
  
(2018)
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA MONOPOLI BERNYANYI PADA MATERI KELILING PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG KELAS III SDN SIDOARJO.
    [Undergraduate Thesis]
  
  
  
  
  
    
  
    
      
      
    
  
  
    
  
  
    Abstract
    Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk  meningkatkan  hasil  belajar  siswa dengan   menggunakan   media   monopoli   bernyanyi.   Pelaksanaan   penelitian tindakan kelas (PTK)  ini dilaksanakan di SDN  Sidoarjo  pada siswa kelas III dengan jumlah 28 siswa. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes. Teknik analisis data menggunakan kuantitatif deskriptif.
Hasil penelitian ini adalah pelaksanaan media monopoli bernyanyi pada materi keliling  persegi  dan  persegi panjang  dapat  meningkatkan  hasil  belajar siswa kelas III SDN Sidoarjo yang ditunjukan dengan adanya peningkatan dari pra tindakan, siklus I ke siklus II. Ketuntasan hasil belajar pada pra tindakan 4% atau
1 siswa, siklus I sebesar 48,1% atau 13 siswa. Sedangkan siklus II ketuntasan hasil belajar mencapai 85% atau 17 siswa. Sehingga pada pra tindakan, siklus I ke siklus  II  mengalami  peningkatan  sebanyak  81%.  Berdasarkan  hasil  penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika materi keliling persegi dan persegi panjang menggunakan media monopoli bernyanyi pada siswa kelas III SDN Sidoarjo dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Saran yang direkomendasikan pada penelitian ini adalah sekolah dapat menyediakan media permainan dalam pembelajaran matematika dan mengembangkan penggunaan media, guru hendaknya lebih sering melatih siswa dengan berbagai media, siswa hendaknya lebih memotivasi diri agar aktif dalam kegiatan pembelajaran matematika dengan menggunakan berbagai macam media.
  
  
  
  
  
    Actions (login required)
    
    
      
          | 
        View Item |